Entri Populer

Jumat, 27 Mei 2011

PROFIL SMP ISLAM KABANDUNGAN





A.  IDENTITAS SEKOLAH


1.  Nama Sekolah              : SMP ISLAM KABANDUNGAN
2.  Nama Kepala Sekolah  : ADANG SUGANDA, S.Ag
3.  Alamat :
a.       Jalan                      :  Jl. Tirtaatmaja KM.2
b.      Desa                       :  Tugubandung
c.       Kecamatan            :  Kabandungan     
d.      Kab / Kota              :  Kabupaten Sukabumi
e.       Provinsi                 :  Jawa Barat, Indonesia
f.       Telepon                  :  (0266)
g.      Fax.                       :  (0266)
h.      Situs Sekolah       :  www.smpislamkabandungan.blogspot.com
i.        E-mail                   :  smpislamkabandungan@yahoo.co.id
3.  NSS/NIS/NPSN          :  202020621188/2011880/20268158.
4.  Tahun Didirikan           :  - Tahun 2007 (Kelas Jauh SMP Islam Parakansalak)
                                            - Tahun 2009  mendapat Ijin Operasional
5.  Tahun Beroperasi        :  2007
6.  Kepemilikan Tanah      :  wakaf
a.       Status Tanah        :  Akte
b.      Luas Lahan           :  2000 m²
7.  Status Bangunan         :  Yayasan
8.  No. Rekening Bank     :  BRI Cabang Cibadak No. 4098-01-005923-53-1

    
B.  SEJARAH SINGKAT

SMP Islam Kabandungan merupakan SMP Swasta di Wilayah Kabandungan. SMP Islam Kabandungan Kabupaten Sukabumi berlokasi di Jln. Tirtaatmaja, Desa Tugubandung Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi. Lokasi sekolah ini sangat strategis karena tepat berada di kota Kecamatan Kabandungan.

Sekolah ini berdiri dengan nama SMP ISLAM KABANDUNGAN yang tujuan berdirinya adalah karena pada saat itu banyak anak sekitar yang putus sekolah karena alasan tidak punya biaya untuk membiayai operasional sekolah. Berangkat dari alasan itu Pengurus Yayasan Asy-Syahadatain Kecamatan Kabandungan merasa terpanggil dan berniat menyelenggarakan sekolah yang bebas biaya dengan tidak memungut apapun istilah sebutannya.
Dari uraian di atas, maka munculllah sebuah gagasan yang berbentuk Visi dan Misi Sekolah sebagaimana berikut di bawah ini.


   
C.  VISI
Pelembagaan, pembentukan, pengembangan pemikiran dan pendidikan dalam mewujudkan pemantapan akidah, pengembangan ilmu, amal dan akhlak yang mulia sebagai perwujudan masyarakat yang madani dan sejahtera.

   
D.  MISI
Misi SMP Islam Kabandungan, yaitu:
1.        Mewujudkan anak didik untuk memiliki kemantapan akidah dan spiritual, keluhuran dan kemuliaan akhlak, keluasan ilmu dan amal.
2.        Mewujudkan pelayanan terhadap peserta didik dalam menggali ilmu agama Islam.
3.        Mewujudkan pengembangan intelektual melalui Kegiatan Belajar Mengajar Terpadu.
4.        Memberikan ketauladanan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat dengan membangun nilai-nilai luhur budaya bangsa.
5.        Mewujudkan proses pembelajaran yang efektif, efisien.
6.        Mewujudkan standar prasarana dan sarana pendidikan yang relevan
7.        Mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang, asri dan bersih.

 E.    TUJUAN SEKOLAH DALAM 4 TAHUN
Tujuan yang ingin dicapai 4 tahun ke depan, yaitu :
1.         Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi global yang beriman dan bertaqwa, unggul di bidang sains, matematika, dan ICT, serta para lulusan yang dapat melanjutkan studi pada jenjang sekolah yang lebih tinggi.
2.         Sekolah mampu menghasilkan siswa berprestasi, baik dibidang akademik maupun non akademik.
3.         Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan dokumen-1 atau Buku-1 KTSP dengan lengkap.
4.         Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar proses pembelajaran meliputi : tercapai/telah dibuat/ditetapkan melaksanakan pembelajaran dengan strategi/metode : CTL, pendekatan belajar tuntas, pendekatan pembelajaran individual secara lengkap termasuk pembelajaran di luar kelas/sekolah.
5.         Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar kelayakan pendidik dan tenaga kependidikan meliputi : semua guru berkualifikasi minimal S1 dan mampu menggunakan perangkat TIK.
6.         Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar sarpras/fasilitas sekolah meliputi : semua sarpras, fasilitas, peralatan, dan perawatan.
7.         Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pengelolaan sekolah meliputi : pencapaian standar pengelolaan pembelajaran, kurikulum, sarpras, SDM, kesiswaan, administrasi secara lengkap, dan berbasis TIK.
8.         Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar penilaian pendidikan yang relevan.
9.         Sekolah mampu memenuhi pengembangan budaya mutu sekolah yang memadai.
10.     Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang asri dan bersih.

F.   PROGRAM STRATEGI
1.         Pemenuhan SKL SMP Islam Kabandungan :
a.         Peningkatan prestasi bidang akademik.
b.        Peningkatan presatai bidang non akademik.
c.         Peningkatan jumlah kelulusan.
d.        Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi ke sekolah yang lebih tinggi.
2.         Pemenuhan standar isi:
a.         Pengembangan buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP).
b.        Pengembangan silabus.
c.         Pengembangan RPP.
d.        Pengembangan bahan ajar, modul, buku dan sebagainya.
e.         Pengembangan panduan pembelajaran.
f.         Pengembangan panduan evaluasi hasil belajar.
3.         Pemenuhan standar proses:
a.         Pemenuhan persiapan pembelajaran.
b.        Pemenuhan persyaratan pembelajaran.
c.         Peningkatan pelaksanaan pembelajaran.
d.        Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran.
e.         Peningkatan pengawasan proses pembelajaran.
4.         Pemenuhan standar tenaga pendidik dan kependidikan:
a.         Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (kepala sekolah).
b.        Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru).
c.         Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya.
5.         Pemenuhan standar sarana dan prasarana:
a.         Pemenuhan sarana dan prasarana.
b.        Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya.
c.         Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian.
6.         Pemenuhan standar pengelolaan:
a.         Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah.
b.        Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah.
c.         Peningkatan supervise, monitoring, evaluasi dan akreditasi sekolah.
d.        Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan.
e.         Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah).
7.         Pemenuhan standar keuangan dan pembiayaan pendidikan :
a.         Peningkatan sumber dana pendidikan.
b.        Pengembangan pengalokasian dana.
c.         Pengembangan  penggunaan dana.
d.        Peningkatan pelaporan penggunaan dana.
e.         Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana.
f.         Pengembangan income generating unit/unit produksi/unit usaha sekolah.
8.         Pemenuhan standar penilaian pendidikan:
a.         Peningkatan frekwensi ulangan harian.
b.        Peningkatan pelaksanaan UTS.
c.         Pengembangan materi UAS.
d.        Pengembangan materi untuk ulangan kenaikan kelas.
e.         Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas.
f.         Pengembangan instrument ulangan harian.
g.        Pengembangan instrument ulangan kenaikan kelas.
h.        Pengembangan instrument UTS.
i.          Pengembangan instrument UAS.
j.          Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru.
k.        Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah.
l.          Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian.
9.         Pengembanan budaya dan lingkungan sekolah :
a.         Pengembangan budaya bersih.
b.        Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk (tamanisasi).
c.         Pemenuhan system sanitasi/drainasi,
d.        Penciptaan budaya tata karma “in action”.
e.         Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain yang relevan.
f.         Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan dll.
G.     STRATEGI PELAKSANAAN/PENCAPAIAN
1.        Dalam program Pemenuhan SKL SMP Islam Kabandungan: strateginya adalah melalui kegiatan mengadopsi SKL SMP yang telah dirumuskan oleh Direktorat, serta mengimplementasikannya melalui kegiatan intra kurikuler dan ekstra kurikuler serta menjalin kerjasama dengan pihak-pihak tertentu di luar sekolah yang berkompenten dibidangnya.
2.        Dalam program Pemenuhan standar isi: strateginya adalah melalui kegiatan mengadopsi dan mengadaptasi hasil workshop yang diselenggarakan oleh Direktorat yang kemudian ditindaklanjuti melalui kegiatan workshop di tingkat sekolah yang dilaksanakan pada awal tahun pelajaran baru.
3.        Dalam program Pemenuhan standar proses: strateginya yaitu melalui kegiatan diklat CTL, PAIKEM/PAKEM, kegiatan lesson study, magang dengan sekolah lain serta kegiatan supervisi klinis oleh kepala sekolah atau guru senior.
4.        Dalam program Pemenuhan standar tenaga pendidik dan kependidikan: strateginya yaitu melalui kegiatan pelatihan ICT oleh Tim SMP Islam Kabandungan.
5.        Dalam program Pemenuhan standar sarana dan prasarana: strateginya yaitu melalui pengadaan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan secara bertahap sesuai dengan jumlah rombongan belajar yang diterima setiap tahunnya. Serta berupaya mencari bantuan berupa pengajuan proposal ke Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah Daerah.
6.        Dalam program Pemenuhan standar pengelolaan: strateginya yaitu melalui kegiatan workshop sekolah untuk menghasilkan model pengelolaan sekolah.
7.        Dalam program Pemenuhan standar keuangan dan pembiayaan pendidikan: strateginya yaitu melalui penggalian dana masyarakat sesuai dengan kemampuan orang tua siswa serta membuka subsidi silang bagi orang tua yang tidak mampu dan pengajuan RKAS untuk memperoleh bantuan dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemda serta pembuatan proposal bantuan yang ditujukan kepada dunia usaha.
8.        Dalam program Pemenuhan standar penilaian pendidikan: strateginya yaitu melalui pengkajian terhadap Peraturan Menteri tentang Standar Penilaian, mengembangkan system penilaian berbasis TIK melalui program E-Learning SMP Islam Kabandungan.
9.        Dalam program Pengembanan budaya dan lingkungan sekolah: strateginya yaitu melalui pembuatan peraturan tata tertib siswa dan kode etik guru, melakukan kegiatan Jum’at Bersih serta pemberian penghargaan kepada kelas terbersih setiap akhir atau awal bulan.


    H.  HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan seperti yang termuat dalam indicator keberhasilan sekolah sebagai berikut:
No.
Program
Tahun I
Tahun II
Tahun III
Tahun IV
A.
PENINGKATAN SKL SMP





1.    Peningkatan prestasi bidang akademik.
Ö
Ö
Ö
Ö

2.    Peningkatan prestasi bidang non akademik.


Ö
Ö

3.    Peningkatan jumlah kelulusan
Ö
Ö
Ö
Ö

4.    Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi


Ö
Ö
B.
PENGEMBANGAN STANDAR ISI





1.    Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)
Ö
Ö
Ö
Ö

2.    Pengembangan silabus
Ö
Ö
Ö
Ö

3.    Pengembangan RPP
Ö
Ö
Ö
Ö

4.    Pengembangan bahan ajar, modul, dan buku
Ö
Ö
Ö
Ö

5.    Pengembangan panduan pembelajaran
Ö
Ö
Ö
Ö

6.    Pengembangan panduan evaluasi hasil belajar
Ö
Ö
Ö
Ö
C.
PEMENUHAN STANDAR PROSES





1.    Pemenuhan persiapan pembelajaran
Ö
Ö
Ö
Ö

2.    Pemenuhan persyaratan pembelajaran
Ö
Ö
Ö
Ö

3.    Peningkatan pelaksanaan pembelajaran
Ö
Ö
Ö
Ö

4.    Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran
Ö
Ö
Ö
Ö

5.    Peningkatan pengawasan proses pembelajaran
Ö
Ö
Ö
Ö
D.
PEMENUHAN STANDAR PENDIDIK DAN NON KEPENDIDIKAN





1.    Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (kepala sekolah).



Ö

2.    Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru).


Ö
Ö

3.    Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya yang.



Ö
E.
PEMENUHAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA





1.    Pemenuhan sarana dan prasarana.
Ö
Ö
Ö
Ö

2.    Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya.

Ö
Ö
Ö

3.    Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian.
Ö
Ö
Ö
Ö
F.
PEMENUHAN STANDAR PENGELOLAAN





1.    Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah.

Ö
Ö
Ö

2.    Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah.

Ö
Ö
Ö

3.    Peningkatan supervise, monitoring, evaluasi dan akreditasi sekolah.
Ö
Ö
Ö
Ö

4.    Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan.
Ö
Ö
Ö
Ö

5.    Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah).

Ö
Ö
Ö
G.
Pemenuhan standar keuangan dan pembiayaan pendidikan :





1.    Peningkatan sumber dana pendidikan.
Ö
Ö
Ö
Ö

2.    Pengembangan pengalokasian dana.
Ö
Ö
Ö
Ö

3.    Pengembangan  penggunaan dana.
Ö
Ö
Ö
Ö

4.    Peningkatan pelaporan penggunaan dana.
Ö
Ö
Ö
Ö

5.    Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana.
Ö
Ö
Ö
Ö

6.    Pengembangan income generating unit/unit produksi/unit usaha sekolah.

Ö
Ö
Ö
H.
Pemenuhan standar penilaian pendidikan:





1.    Peningkatan frekwensi ulangan harian.
Ö
Ö
Ö
Ö

2.    Peningkatan pelaksanaan UTS.
Ö
Ö
Ö
Ö

3.    Pengembangan materi UAS
Ö
Ö
Ö
Ö

4.    Pengembangan materi untuk ulangan kenaikan kelas.
Ö
Ö
Ö
Ö

5.    Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas.
Ö
Ö
Ö
Ö

6.    Pengembangan instrument ulangan harian.
Ö
Ö
Ö
Ö

7.    Pengembangan instrument ulangan kenaikan kelas.
Ö
Ö
Ö
Ö

8.    Pengembangan instrument UTS.
Ö
Ö
Ö
Ö

9.    Pengembangan instrument UAS.
Ö
Ö
Ö
Ö

10.Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru.
Ö
Ö
Ö
Ö

11.Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah.
Ö
Ö
Ö
Ö

12.Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian.
Ö
Ö
Ö
Ö
I.
Pengembanan budaya dan lingkungan sekolah :
Ö
Ö
Ö
Ö

1.    Pengembangan budaya bersih.
Ö
Ö
Ö
Ö

2.    Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk (tamanisasi).
Ö
Ö
Ö
Ö

3.    Pemenuhan system sanitasi/drainasi,
Ö
Ö
Ö
Ö

4.    Penciptaan budaya tata karma “in action”.
Ö
Ö
Ö
Ö

5.    Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan
Ö
Ö
Ö
Ö

6.    Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan dll.
Ö
Ö
Ö
Ö

Tidak ada komentar:

Posting Komentar